Jumat, 13 Februari 2009

Istilah Teknologi Informasi


1. Blogger yaitu penulis catatan harian di internet atau halaman web. Blogger ini merupakan pengguna internet yang rajin mengisi weblog.

2. Browsing yaitu berselancar untuk menjelajahi informasi yang ada di internet. Berselancar ini dilakukan dengan sebuah program yang disebut browser.

3. Chatting yaitu berdialog dengan sesama pengguna internet yang terhubung dalam suatu jaringan. Percakapan ini bisa dilakukan dengan saling berinteraktif melalui teks maupun suara.

4. Digital yaitu hasil tekhnologi yang mengubah sinyal menjadi kombinasi untuk urutan bilangan 0 dan 1, untuk proses informasi yang mudah, cepat, dan akurat. Digital komputer yaitu mesin komputer yang diciptakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif dalam bentuk angka, huruf,dan lain-lain.

5. Downloading yaitu menyalin data dari server secara remote. Mengambil file atau mentransfer file dari satu komputer ke komputer lainnya.

6. E-mail yaitu singkatan dari elektronic media yang berarti pesan atau surat secara elektronik baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar yang dikirim dari satu alamat ke alamat lain dari jaringan internet.

7. Friendster dimulai sejak tahun 2002 oleh Jonathan Abrams yang berarti fasilitas untuk membuat jaringan pertemanan di dunia internet.

8. LAN singkatan dari Local Area Network, yang berarti jaringan komputer yang sederhana.

9. Password yang berarti kata sandi atau kode rahasia yang biasanya digunakan dalam jaringan PC.

10. Protocol aturan kombinasi antar alat. pengertian lainnya yaitu kumpulan dari beberapa aturan yang berhubungan dengan komunikasi data antara beberapa alat komunikasi supaya komunikasi data dapat dilakukan dengan benar. Protocol adalah yang menspesifikasikan secara detail bagaimana komputer berinteraksi termasuk di dalamnya format pesan yang mereka tukar dan bagaimana kesalahan ditangani.

11. Telekonferen yaitu konferensi jarak jauh atau komunikasi interaktif antara tiga orang atau lebih yang terpisah jauh secara geografis.

12. Transmitter yaitu alat pemancar

13. Server komputer yang bertugas sebagai pelayan jaringan. Server mengatur lalu lintas data dalam sebuah jaringan dan menyediakan resource yang dapat dipakai oleh komputer lain yang terhubung dalam jaringannya.

14. Spam yang berarti pesan sampah yang tidak diinginkan masuk melalui e-mail, bisa berupa pesan yang tak berarti atau iklan yang kurang berguna.

15. Website yaitu kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi suara, atau gabungan dari semuanya baik yang bersifat statik maupun dinamik yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman.

16. WWW sebuah sistem dimana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara,dll dipresentasikan dalam bentuk hypertest dan dapat diakses oleh perangkat lunak yang disebut browser.

17. Hotspot yaitu wilayah terbatas yang dilyani oleh satu atau sekumpulan access point. Access point adalah sebuah signal penghubung yang mengoneksikan point satu dengan point yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar